Agen Ibcbet Indonesia Derby Klasik – Juventus vs Torino

Derby Klasik – Juventus vs Torino

Derby Klasik – Juventus vs Torino

Agen Ibcbet Indoneisa – Derby della Mole merupakan salah satu derby paling sengit dan menarik di semenanjung Italia, menampilkan dua klub top asal kota Turin – Juventus dan Torino – saling baku hantam. 

Seperti Derby della Madonnina, derby Turin memperoleh julukannya dari landmark terkenal di kota itu, dalam hal ini menara Mole Antonelliana yang berdiri dengan kokoh dan dipercaya sebagai museum paling tinggi di dunia. Dan mirip juga dengan derby Milan dan derby lain di Italia, derby ini lebih dari sekedar pertandingan sepakbola dua tim sekota. Juventus menganggap remeh klub tetangganya yang prestasinya lebih inferior dan pendukungnya sering menunjukkan perbedaan kasta itu dalam spanduk dan chant selama laga derby.  Torino membalas dengan menuduh Juve sebagai klub curang yang diuntungkan sistem sepakbola Italia.

Derby della Mole pertama diadakan tahun 1906, dan sejak saat itu, Juventus menjadi klub yang lebih unggul, dalam hasil derby maupun prestasi secara umum.  Hingga saat ini, Juve unggul dalam hal kemenangan di Serie A dan Coppa Italia, sedang Torino lebih sering menang dalam laga persahabatan. Didirikan tahun 1897 oleh sekumpulan pelajar kota Turin, Il Bianconeri telah menjadi klub paling sukses di Italia dengan puluhan gelar Scudetti, Coppa Italia, dan berbagai trofi Eropa, sehingga bisa dimengerti bagaimana Torino begitu benci terus-terusan berada di bawah bayang-bayang kemegahan klub tetangga mereka.

Il Toro pun memiliki periode emasnya sendiri, dengan lima gelar liga berturut-turut pada tahun 1940an, era Grande Torino. Mereka juga memenangkan dua gelar lain termasuk lima Piala Italia, pencapaian yang lumayan. Klub ini dibentuk Alfredo Dick dan beberapa bekas Juventus yang tidak setuju dengan rencana La Vecchia Signora dan memutuskan untuk membentuk klub mereka sendiri dan menantang Juventus. Juve tidak senang dengan keputusan mereka dan langsung menunjukkan permusuhan kepada klub baru itu sejak derby pertama. Secara tradisional, Torino merupakan klub yang banyak didukung di kota Turin sendiri dengan mayoritas fans mereka merupakan penduduk lokal kelas pekerja dari daerah sekitar yang selalu bersemangat untuk pergi ke Stadio Olimpico dan mendukung Granata.

Mereka merupakan suporter yang loyal dan solid dan amat bangga dengan klub kota mereka dan menuduh fans Juventus sebagai ”glory supporter” karena asal fans Juventus yang lebih tersebar di seluruh Italia dan dunia. Fans Juventus memang jarang ditemukan di kota Turin itu sendiri meski ada cukup banyak di distrik bel Paese, dan sebagian besar fans Juventus di Italia malah berasal dari wilayah selatan Italia atau pulau Sicilia di mana stadion selalu terisi penuh setiap Juve bertandang. Bisa dibayangkan dalam derby yang panas itu, bentrok dengan mudah bisa terjadi, bahkan kadang sudah terjadi sebelum pertandingan itu sendiri digelar. Hal itu terjadi di musim 2007/08 saat ultras kedua tim berkelahi satu sama lain dan juga melawan polisi mengakibatkan banyak yang cedera dan hampir 50 orang ditahan. Agen Ibcbet Indoneisa