Agen Ibcbet Indonesia Menilik Ide Platini 9+9

Menilik Ide Platini 9+9

Menilik Ide Platini 9+9

Agen Ibcbet Indonesia – Platini telah sering diberitakan oleh beberapa harian ternama di Eropa bahwa dia ingin mengembangkan aturan baru dan revolusioner. Aturan yang akan diajukan Platini menyangkut 18 pemain yang dibawa tim untuk bertanding.

Sembilan dari 18 pemain tersebut diusulkan Platini adalah homegrown player. Sudah sejak lama diberitakan bahwa asosiasi sepakbola Eropa sudah memiliki keinginan untuk membatasi junlah pemain asing, hasilnya adalah batas lima pemain non-Uni Eropa yang bisa bermain di kompetisi dibawah naungan UEFA. Namun menurut Platini aturan tersebut belum ideal, oleh karena itulah dia pernah berkata pada komisioner UEFA : “kami mengerti tentang posisi Komisioner tapi kami ingin tetap melindungi identitas lokal dari klub yang makin terkikis di era sepakbola modern. Kami telah melakukan studi dengan cermat dan untuk itu kami mengusulkan aturan baru, yakni ide tentang Sembilan plus Sembilan ..”

Saat ini sebuah tim harus memiliki 8 home grow players dalam skuad yang berisi 25 orang, dengan aturan tersebut pemain seperti Gael Kakuta atau Alex Song (saat masih bersama Arsenal) bisa dikategorikan sebagai home grown player karena mereka telah menghabiskan waktu 36 bulan di Inggris sebelum berusia 21 tahun, tapi tim bisa yang menyiasati aturan tersebut. Misalnya Chelsea yang membeli pemain seperti Ross Turnbull padahal dia tak menunjukkan kemampuannya yang layak bagi skuad milik Roman Abramovich tersebut. Turnbull di Chelsea hanya sebagai penggenap kuoto 8 home grown player di Chelsea.

Dalam teori 9+9 , Platini ingin melindungi identitas lokal dari tim yang hampir luntur di era modern. Tim seperti Chelsea dan Manchester City yang telah bergantung pada suntikan dana asing dalam perkembangannya semakin menjauhi bintang didikannya sendiri. Kedua tim tersebut lebih memilih untuk membeli pemain asing yang lebih berkualitas. Hal ini menimbulkan masalah,karena seperti yang diketahui, Liga Inggris memiliki masalah pemain asing yang buruk. Disana hanya ada 40% pemain yang berstatus sebagai warga negara Inggris. Bandingkan dengan La Liga yang memiliki 79% pemain berpaspor Spanyol di saat yang sama. Faktor inilah yang dipercaya presiden La Liga Jose Luiz Astiazaran sebagai penyebab kemunduran timnas Inggris. Tim-tim yang bermain di Liga Inggris terlalu banyak menghabiskan dana untuk mendatangkan pemain asing, hingga efeknya menjalar ke timnas yang kesulitan mencari bakat muda berbakat.

Dapatkah aturan tersebut diterapkan?

Untuk menerapkan aturan tersebut, Platini harus bisa meyakinkan klub-klub besar yang berpotensi keberatan dengan ide tersebut. Tindakan keberatan klub-klub Eropa tak mengherankan karena pengurangan jumlah pemain asing berarti mengurangi kemampuan mereka untuk mendatangkan pemain-pemain terbaik dari seluruh penjuru dunia. Bahkan mereka sudah bertindak lebih jauh. Tahun ini klub-klub yang tergabung dalam ECA (perkumpulan dari klub besar Eropa) melalui ketuanya, Karl Heinz Rumenigge menyampaikan ancaman. Ancaman tersebut berisikan ajakan untuk membentuk kompetisi sendiri dalam bentuk Superliga Eropa, bila UEFA dan FIFA menerapkan peraturan-peraturan yang mengebiri kemampuan klub untuk berkompetisi.

Dalam prakteknya, aturan tersebut tak mengatakan bahwa 9 pemain yang ada dalam skuad tak harus merupakan produk binaan dari klub yang bersangkutan, 9 pemain itu bisa berasal dari klub lain dalam liga yang bersangkutan. Misalnya Chelsea atau Manchester City yang bisa membeli pemain-pemain Inggris terbaik dari klub lain di Liga Premier Inggris. Dengan sendirinya klub papan atas akan membeli pemain lokal dengan kualitas yang terhaga. Ini sudah terjadi saat Manchester United membeli Phil Jones dan Chris Smalling, juga saat Chelsea membeli Garry Cahill. Dengan kondisi yang demikian, sulit mengatakan bahwa usulan Platini akan ide barunya tersebut akan diterima oleh komisioner UEFA. ECA tak akan membiarkan hak mereka mendatangkan pemain terbaik dikebiri lagi setelah aturan pembatasan lima pemain non Eropa yang sudah diterapkan selama bertahun-tahun. Agen Ibcbet Indonesia