Legenda Paraguay Jose Luis Chilavert

LEGENDA PARAGUAY JOSE LUIS CHILAVERT

Legenda Paraguay Jose Luis Chilavert

Agen Ibcbet Indo – José Luis Félix Chilavert González pemain kelahiran 27 Juli 1965 di Luque, Departamento, adalah mantan pemain sepak bola Paraguay yang bermain sebagai penjaga gawang. Dia adalah seorang pemenang penghargaan Kiper Terbaik Dunia IFFHS tiga kali.

Di luar posisi kiper, Chilavert juga dikenal karena keahliannya sebagai spesialis tendangan bebas, dan sering mengambil freekick. Dia mencetak 62 gol dalam karir profesionalnya, banyak dari golnya adalah gol penting, termasuk delapan di pertandingan internasional. Mencetak empat gol Paraguay pada saat kualifikasi Piala Dunia 2002. Chilavert adalah kiper yang mencetak gol tertinggi kedua sepanjang masa, hanya dilampaui oleh kiper Brasil Rogerio Ceni.

Chilavert juga dikenal karena eksentrisitas dan pada sifat emosionalnya yang meledak-ledak sehingga tak bisa lepas dari kontroversi. Yang paling terkenal adalah dirinya dikeluarkan dari lapangan pada tahun 1997 setelah berkelahi dengan striker Kolombia Faustino Asprilla. Chilavert melakukan debut sebagai pemain sepak bola dengan tim Sportivo Luqueño yang dilatih oleh Modesto Sandoval. Pada tahun 1989, ia bermain untuk tim nasional Paraguay untuk pertama kalinya.

Dia kemudian pindah ke Spanyol, di mana ia bermain untuk Real Zaragoza. Tak lam kemudian kembali ke Argentina, di mana ia bermain dengan Velez Sarsfield, membantu mereka memenangkan Primera División empat kali, serta Copa Libertadores dan Piala Intercontinental, pada tahun 1994. Pada tahun 1999, ia menjadi kiper pertama yang mencetak hat-trick dalam sejarah sepak bola, saat bermain untuk Velez melawan Ferro Carril Oeste, mencetak tiga gol melalui penalti. Dia juga mencetak gol tendangan bebas dari balik garis tengah saat melawan River Plate.

Secara total Chilavert memainkan 74 caps internasional untuk Paraguay dan delapan gol internasional. Dia pensiun dari sepakbola internasional pada tahun 2003. Chilavert mengumumkan pensiun dari sepak bola pada Desember 2003, tetapi kemudian memutuskan untuk kembali ke Vélez. Chilavert baru saja memenangkan liga Uruguay dengan Peñarol ketika ia pensiun. Akhirnya ia pensiun secara permanen pada tahun 2004, memainkan pertandingan terakhirnya, di testimonial perpisahannya, pada tanggal 11 November tahun itu dan dia mencetak gol. Pada tahun 2005, Chilavert menerima hukuman penjara enam bulan di Perancis dengan tuduhan penggunaan dokumen palsu tentang kompensasi untuk akhir kontraknya dengan Strasbourg. Chilavert adalah seorang komentator untuk televisi Amerika jaringan Univision selama Piala Dunia 2006 dan Piala Dunia 2010, bersama Jorge Pérez Navarro.